Rabu, 03 Juli 2013

Batik our Life


Guys! Batik is a great asset for our nation. It's our culture’s icon. Inside a piece of cloth has a character, filosoft, and history can be expressed.
Batik itu udah jadi trend sejak jamannya nenek moyang sampai sekarang, nggak kayak yg lain-lain yang cuma trend dan booming sesaat. Udah banyak pengrajin batik. Just different motif and the meaning in every area. Batik itu bukan sesuatu yang kuno, batik bisa diapresiasikan jadi sesuatu yang unik kok.
Saya share sedikit tentang pengalaman saya ya, semoga bisa menginspirasi :)

Jadi, saya mulai bisa berargumentasi tentang batik semenjak mengikuti ajang putra putri batik, dari situ saya mempelajari dan memperdalam wawasan tentang batik hingga saya cinta batik. Dan itu benar-benar hikmah. Hingga akhirnya saya jadi Runner up 1 Putri Batik Kediri 2013. Saya memulai dari nol, saya tidak ber-basic model, tapi kuncinya itu tulus, nggak dibuat buat dalam mengungkapkan opini demi menyandang icon putri batik. tidak.
 

Nah, batik cocktail-dress yang saya kenakan saat semi final putra putri batik, itu merupakan batik Solo. Warna kuning melambangkan upacara keraton Solo.  
Batik yang saya kenakan saat grand final putra putri batik 2013 itu batik kediri yang bermotif bunga teratai diambil dari riwayat candi surowono. Bunga teratai tersebut sebagai icon putri kediri. Bunga teratai hidup di air ia tetap bermekaran indah, layaknya putri yang cantik hatinya dimanapun dia berada akan tetap cantik 
Finally, nggak nyangka saya bisa lolos 5 besar dan saya paling muda (16th) diantara finalis 5 besar yang lain. Dalam kompetisi 5 besar tersebut saya mendapat perintah untuk menjelaskan proses pembuatan batik dari awal hingga penjualan. Subhanallah Alhamdulillah, sukses. Lebih nggak nyangka saya masuk 2 besar, dan saya jadi yang kedua (Runner Up 1) yang pertama yaitu mahasiswi dari FK UB Malang. Waaaah nevermind. Bagi saya menjadi Runner Up 1 itu unpredictable moment and can't describe of words. Thank God, Thanks Mom Dad, Sister, Brother, etc who supported me. Always :)

2 komentar:

  1. waaah selamat ya be. dua jempol buat kamu hehehe

    BalasHapus
  2. Salam Kenal dari baitulkhitankediri.com, kami melayani Khitan Kota Kediri di dan Juga Kediri Kabupaten (Pare, Ngadiluwih, dan sekitarnya),

    Selamat ... Atas Prestasinya!

    BalasHapus