Rabu, 01 Januari 2014

Pelangi's Imagination (next8)

 “Aku nggak pernah melihat langit mentari senja. Sama kayak aku nggak pernah melihat Ray ada rasa ke aku.” 

 Dua kalimat yang tertulis di buku diary Pelangi. Memang ternyata Pelangi sadar kalau ternyata dia mulai ada perasaan ke Ray lebih dari seorang teman. Cuma Pelangi terlalu takut untuk mengakui itu semua, dia terlalu takut ada rasa ke cowok yang nggak ada rasa ke Pelangi, Ray. Padahal tanpa Pelangi sadari, selama ini Ray terlebih dulu ada rasa ke Pelangi, meskipun selama ini Pelangi nggak pernah sekalipun nge-respon kepedulian Ray. Tapi semua emang nggak sepenuhnya salah Pelangi, bukan sepenuhnya Pelangi yang nggak peka. Tapi emang Ray juga nggak terlalu jelas, dia cuma dateng nunjukin kalau dia peduli abis itu pergi, terus begitu.
***
Di sekolah... 
“Ray, kamu dipanggil disuruh ke ruang Kepsek.” Kata teman Ray waktu di kantin. “Ada apa? Ok, thanks.”
“Bapak memanggil saya? Iya ada apa ya, Pak?” 
“Iya, Ray. Jadi begini, Bapak punya kabar baik untuk kamu. Hasil test kamu untuk tahun depan lanjutin sekolah di Oxford itu diterima. Jadi sekolah memberi ijin semester depan yang artinya kelas 12 kamu bisa lanjutin sekolah disana. Selamat Ray, Bapak salut dengan usaha kamu selama ini. Bapak berharap kamu bisa memanfaatkan beasiswa itu. Dan sekarang terserah kamu, keputusan juga ada di kamu.” Kata Bapak menepuk pundak Ray sambil tersenyum. 
“Saya nggak nyangka Pak, selama ini saya sekedar iseng mengikuti test tersebut, saya mengira semua itu cuma impian saya. Terimakasih Pak, baik saya akan memikirkan itu semua.”
*** 
“Tuhan, aku nggak nyangka ini semua bakal terwujud! Dan sekarang aku bener-bener bingung, kalau semester depan aku jadi ke oxford itu artinya aku bakal ninggalin masa SMA disini, dan itu artinya aku bakal ninggalin cewek yang daridulu aku suka. Padahal entah gimana dia ke aku. Ah!” Curhat Ray ke Tuhan sambil drible bola di lapangan basket. 
“Ninggalin cewek yang daridulu kamu suka?” Sahut Pelangi yang tiba tiba nyusul ikutan main basket. 
“Pelangi...” Tatap Ray cengoh memandang Pelangi yang tiba-tiba datang ke Ray, untuk pertama kalinya.
“Iya aku, kenapa? Denger denger kamu lolos test lanjutin sekolah ke Oxford itu kan? Terus? Kamu ambil? Semester depan? Itu artinya tinggal 6 bulan lagi kamu sekolah disini..”
“Kamu peduli?” 
“Sebagai temen, yang biasanya kamu peduliin aku, nggak wajar kalo sekarang aku balik peduli sama kamu?” 
“Enggak, bukannya gitu. Tapi..” 
“Tapi apa? Kamu nggak seneng? Yaudah aku pergi..” Jawab ketus Pelangi sambil lempar bola basket ke arah Ray. 
 *** 
“Ray masak kamu nggak peka?! aku seneng kamu! aku ada feel ke kamu! aku peduli kamu! aku takut kamu milih sekolah di oxford, yang artinya waktu kita udah nggak banyak lagi buat barengan. Harusnya kamu ngerti maksudku nyamperin kamu tadi apa, harusnya! Harusnya! Harusnya!” Jerit Pelangi. 
“Harusnya apa?” Tanya Ray yang tiba-tiba nongol didepan Pelangi. 
“Ha? Kamu denger apa? Enggak kok aku daritadi cuma diem.” Jawab Pelangi yang dalam hati bingung setengah mati. 
“Sebagai temen, kamu masih mau dengerin aku kan?” Lebih dari temen aku juga tetep dengerin kamu, Ray! Plisssss jangan ngejudge aku cewek ter-acuh sedunia laaaah. Aku peduli kamu banget! (Jerit Pelangi dalam hati) 
“Hey!” Tatap Ray ke Pelangi dengan jarak 10 cm-an. 
“Eh i i iya iya, de dengerin. Masih mau kayaknya. Kenapa?” Jawab Pelangi 
“Aku asli dilema, sekolah di Oxford emang udah jadi impianku dari kecil. Dan sekarang aku bisa tinggal berangkat semester depan. Tapi, aku nggak bisa segampang itu ninggalin cewek yang aku suka...” 
“Cewek yang kamu suka? Selama ini kamu nggak pernah cerita ke aku tentang dia..” 
“Gimana mau cerita, kamu nggak pernah enak buat dengerin aku.” 
“Sorry.” Gilaaaa aku nggak ngerti ternyata Ray seneng sama cewek, dan itu bukan aku kayaknya. Sakit. Dalem banget. (Tangis Pelangi dalam hati) 
“Iya nggak pa-pa. Jadi gimana menurut kamu?” 
“Hmm? Ya cuma kamu sih yang bisa ngatasin itu semua. Kamu coba omongin baik baik dulu ke cewek yang kamu suka, dilihat dulu gimana tanggepan dia. Tapi sekolah di Oxford itu impianmu, jadi? Ngapain mesti mikir panjang cuma karena cewek itu? Emang dia nge-respon kamu selama ini? Kok aku nggak pernah tau..” 
“Iya suatu saat kamu bakal ngerti. OK thanks banget ya. Btw, tumben enak diajak ngobrol gini? Nanti malem bisa keluar?” 
“Nggak pa-pa, lagi mood ngeladenin aja. Keluar? Bisa..” 
“Yaudah nanti jam setengah tujuh aku jemput kerumah, ya?” 
“Berdua? I i iya..” astagaaaaa apa ini maksudnya, dia seneng cewek lain, tapi dia ngajak aku keluar bareng, malem, bukannya itu yang namanya NGEDATE? Please, God!!! (Kata hati Pelangi) 
“Iya berdua. Oke sampai ketemu, Pelangi” ah sumpaaaah ini hari paling nggak nyangka se-dunia! (Kata hati Ray)
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar